Masjid Loano

Masjid Loano, di dirikan sebagai bagian dari persyaratan dakwah para wali. Arah Mustaka di puncak Masjid Loano yang bisa berubah-ubah arah ini, konon menunjukan tempat adanya musibah di Indonesia.
Tiang-tiang penyangga Masjid Loano masih menampakkan bentuk aslinya sebagai gaya bangunan khas masa lalu. Masjid yang telah mengalami sedikit renovasi ini menurut keterangan,di dirikan dulu sebelum Masjid Demak yang terkenal sebagai tempat pertemuan para Wali Songo. Salah satu pendiri Masjid Loano adalah Sunan Geseng, murid Sunan Kalijaga. Di masa itu ada semacam persyaratan bagi seseorang dengan drajat sunan (mungkin setara wali) untuk mendirikan Masjid sebagai bagian dari dakwah yang di amanahkan kepadanya.
Loano adalah bagian dari Kabupaten Purworejo,Jawa Tengah yang dulu justru merupakan sebuah kerajaan besar tersendiri sejak zaman Kerajaan Pajajaran hingga Kerajaan Mataram. Para adipati yang pernah memerintah di Loano adalah Gagak Pranolo I, II, III, IV dan Gagak Kumitir.
Masjid Loano yang dulu di bangun di dalam Beteng kadipaten ini, mempunyai keistimewaan tersendiri. di bagian puncak Masjid yang di sebut sebagai Mustaka,terdapat kayu penunjuk yang selalu berubah-ubah arah. Arah Mustaka yang bisa berubah-ubah itu konon menunjukan tempat adanya musibah di Indonesia.
Seakan menjadi bukti kebnaran arah mustaka tersebut,saat artikel ini di tulis, Mustaka di puncak Masjid Loano sedang menuju ke arah Timur Laut, berarti mengarah ke wilayah Papua yang kemarin memang sedang di landa beberapa kerusuhan dan pemberontakan.
Tiang-tiang penyangga Masjid Loano masih menampakan bentuk aslinya sebagai gaya bangunan masa lalu yang unik. bagian kayu atas Masjid menyimpan guratan tulisan berbahasa Arab yang memuat tentang beberapa doa dalam sholat.
Keindahan berikutnya dari Masjid Loano terdapat pada mimbarnya yang di buat dengan bentuk khas yang melambangkan citra seni zaman itu.
Tiap satu Syura Masjid Loano secara rutin menyelenggarakan pengajian akbar yang di kunjungi oleh jamaah berbagai daerah.
Masjid Loano Masjid Loano Reviewed by Unknown on 10:06 am Rating: 5

No comments:

Responsive Ads Here
Powered by Blogger.