Fenomena Astonomi 2015 di Indonesia


Di tahun 2015 ini bakalan banyak banget fenomena/ peristiwa astronomi yang dapat kita liat di Indonesia gan. Langsung aja di simak deh, cekidot:

1. 03 Januari 
Hujan Meteor Quadrantid, hujan meteor ini akan mencapai puncaknya pada
pukul 22:00 WIB tanggal 3 Januari 2015 hingga menjelang Matahari terbit
pada 4 Januari 2015. Akan ada 80 meteor per jam.

2. 06 Februari
  • Bulan di Apogee (406.155 km) Bulan kembali mencapai fase purnama didekat titik terjauh dari Bumi atau apogee. Bulan purnama kali ini berdiameter sudut hanya 29,39 menit busur atau terkecil dan teredup selama tahun 2015.
  • Oposisi Jupiter. Jupiter berada di jarak terdekat dengan Bumi! Oposisi jupiter terjadi saat Matahari-Bumi-Jupiter berjejer berurutan. Pada hari ini Jupiter akan terlihat sepanjang malam di sisi yang berseberangan dengan Matahari.
3. 20 Maret
Ekuinoks Maret, awal musim semi untuk belahan Bumi Utara dan musim gugur di Selatan. Pada hari ini Matahari tepat berada di khatulistiwa sehingga panjang siang dan malam di seluruh belahan bumi tepat 12 jam. Ini juga menandakan akan bergantinya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia.

4. April
  • 04 April: Gerhana Bulan Total. Dapat diamati di Indonesia Barat mulai pukul 19:02 WIB. Pada hari ini seluruh Indonesia kembali akan menyaksikan gerhana bulan total saat senja. Ini adalah gerhana bulan pertama dari dua gerhana bulan tahun ini.
  • 22 April: Hujan Meteor Lyrid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam
5. Mei
  • 06 Mei: Hujan Meteor Eta Aquarid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 30 meteor tiap jam.
  • 22 Mei: Oposisi Saturnus, Saturnus akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi. Hari ini Saturnus akan terlihat sepanjang malam di sisi yang berseberangan dengan matahari. Saturnus akan terlihat sebagai bintang putih terang dengan magnitudo 0.
6. 06 Juni
Venus di titik elongasi tertinggi: 45,4° dari horison Timur. Venus mencapai ketinggian maksimum di langit barat saat senja. 

7. 28 Juli
Hujan Meteor Delta Aquarid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam.

8. Agustus
  • 13 Agustus: Hujan Meteor Perseid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Diperkirakan Perseids yang tercatat sebagai hujan meteor paling banyak menghasilkan fireball ini akan menghasilkan hingga 100 meteor tiap jam saat puncak.
  • 30 Agustus: Bulan di Perigee (358.289 km). Bulan mencapai fase purnama di dekat titik terdekat dari Bumi atau perigee. Dengan jaraknya yang lebih dekat, maka bulan purnama perigee akan terlihat lebih besar dan terang
9. 21 Oktober
Hujan Meteor Orionid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 25 meteor tiap jam.

10. 18 November
Hujan Meteor Leonid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 20 meteor tiap jam.

11. 14 Desember
Hujan Meteor Geminid, dapat diamati di seluruh Indonesia saat tengah malam. Pada puncaknya hari ini diperkirakan akan terlihat hingga 90 meteor tiap jam.



Untuk sekarang itu dulu infonya gan, nanti kalo ada info terbaru ane update lagi. Semoga Bermanfaat.
Fenomena Astonomi 2015 di Indonesia Fenomena Astonomi 2015 di Indonesia Reviewed by Unknown on 9:47 am Rating: 5

No comments:

Responsive Ads Here
Powered by Blogger.