Bumi Datar atau Bumi Bulat Menurut Al- Quran?


Sedang ramai di sosial media tentang perdebatan kontroversi bumi datar atau bumi bulat. Disini saya mengambil beberapa ayat al- Quran yang mungkin ada hubungannya dengan kontroversi ini. Berikut beberapa ayat- ayatnya:
Al Baqarah:22
Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.
Ayat diatas terdapat kalimat "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap...". Hamparan disini seumpama karpet yang di bentangkan, atau hamparan padang rumput.
Ibrahim:33
Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.
Kalimat "...Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya)...". menunjukkan bahwa matahari dan bulan tunduk/ patuh dan bergerak/beredar pada orbitnya.
Al Furqaan:61
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya.
Selama ini yang kita tau bahwa matahari adalah bintang yang memiliki cahaya sendiri. Dan sinar bulan merupakan pantulan dari sinar matahari. Tetapi dari ayat diatas menunjukkan bahwa matahari dan bulan bercahaya, atau memiliki cahaya masing- masing yang berbeda jenis cahayanya.
Luqman:29
Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Disebutkan lagi "...Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan...".
Faathir:13
Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya-lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.
Disebutkan lagi "...menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan...".
Az Zumar:5
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
Disebutkan lagi "...menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan...".

Ar Ra'du:2
Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu.
Disebutkan lagi "...menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan...".

Al Anbiyaa:33
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.
Yaa Siin:38
dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.  


At Takwiir:1
Apabila matahari digulung,
Berkali- kali disebutkan "...menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan...". Menunjukkan bahwa Allah menundukkan matahari dan bulan dan beredar/ bergerak sesuai garis edarnya. Saya pribadi tidak menemukan ayat, baik yang tersurat ataupun tersirat yang menunjukkan bahwa bumi berputar atau bumi mengelilingi matahari.

Keterangan diatas merupakan pendapat awam saya. Jika ada yang kurang berkenan ataupun ingin menambahkan silahkan tulis di komentar. Terima kasih.
Bumi Datar atau Bumi Bulat Menurut Al- Quran? Bumi Datar atau Bumi Bulat Menurut Al- Quran? Reviewed by Unknown on 2:19 pm Rating: 5

No comments:

Responsive Ads Here
Powered by Blogger.